Wednesday, September 27, 2017

Ulasan Singkat Ilmu Cryptography

Tags


rudypratama.com - suatu sistem keamanan jaringan, tentu tidak terlepas dari yang namanya cryptography. Cryptography adalah suatu cara bagaimana agar pengiriman suatu pesan dapat dilakukan dengan aman untuk melindungi privasi penggunanya. Crypto berarti secret (rahasia), sedangkan graphy berarti writing (tulisan). Cara kerja dari cryptography didalam media elektronik adalah dengan menyandikan informasi dengan suatu kode tertentu (enkripsi) sehingga tidak dapat dibaca (chipertext) dan mengembalikan hasil penyandian tersebut berupa (dekripsi) sehingga dapat dibaca oleh penerima pesan (plantext) maka disebutlah perumusan tersebut menjadi cryptography.
Artikel Menarik Lainya
Tugas-tugas utama dari cryptography ini adalah untuk menjaga dan melindungi pesan para pengirim dan penerimanya tetap terjaga kerahasiaannya dari penyadap yang disebut juga dengan lawan, penyerang, pencegat, penyelundup pesan, musuh, attacker dan sebagainya. Pada prinsipnya, cryptography memiliki 4 komponen utama yaitu:

1. Plaintext, pesan yang dapat dibaca

2. Ciphertext, pesan acak yang tidak dapat dibaca

4. Key, kunci untuk melakukan teknik kriptografi

5. Algoritma, metode untuk melakukan enkrispi dan dekripsi

Demikian pembahasan mengenai apa itu cryptography, pengertian cryptography dalam sistem keamanan jaringan teknologi informasi. Semoga bisa bermanfaar untuk kita semua.(Rabu, 27/09/1993)


EmoticonEmoticon