Saturday, September 30, 2017

Lulusan IT Di Indonesia Masih Sangat Mengecewakan??


rudypratama.com - lulusan IT memang sangat diminati banyak orang, apalagi saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan banyak sumber daya tenaga kerja dibidang ilmu IT. namun terkadang kita tahu dan pernah mendengar bahwa lulusan IT di indonesia masih sangat mengecewakan. Artinya lulusan IT di indonesia belum siap untuk terjun langsung kedunia industri untuk bekerja. Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut kita harus benar-benar sadar bahwa memang sebagian teman-teman kita lulusan IT di indonesia saat ini masih kurang dalam segi ekspetasi menurut sudut pandang industri. Disini saya sedikit ingin menyampaikan bahwa pada akhirnya bidang ilmu apapun yang kita tekuni selama diperkuliahan sejatinya tidak mengharuskan kita untuk menjadi apa nantinya. dan tidak salah juga pada akhirnya saat kita mulai mendapatkan pekerjaan namun tidak sesuai dengan bidang ke ilmuan yang kita miliki.

Namun harus kita sadari betul bahwa ketika kita menyandang gelar sarjana dari sebuah bidang ilmu tertentu dan kemudian terjun ke dunia industri maka akan ada penilaian khusus terhadap skill yang kita miliki yang terkait dengan bidang keilmuan kita. Seperti contoh jika kamu mulai memasuki perkuliahan kedokteran, tentu masyarakat memiliki ekspetasi bahwa setelah kamu lulus nantinya akan bisa mengobati orang yang sedang sakit. Karena akan sangat aneh jika setelah lulus kamu tidak bisa membantu orang yang sedang sakit. Demikian juga dengan bidang ilmu jurusan IT, industri dan masyarakat tentu akan melakukan penilaian dan harapan tentang apa yang dimiliki oleh sang sarjana selama menempuh pendidikannya.
Artikel Menarik Lainya
Salah satunya seperti contoh jika kamu berasal dari lulusan IT, minimal kamu dituntut harus mempunyai kemampuan coding, menguasai jaringan, system analyst dan lain sebagainya. Saat ini memang kita tahu bahwa salah satu jurusan yang sangat digandrungi dan diminati oleh banyak orang adalah jurusan IT. Berdasarkan data dari Aptikom saat ini ada sekitar 600.000 mahasiswa D1 hingga S2 yang sedang aktif belajar di lebih dari 850 Perguruan Tinggi di Indonesia di bawah naungan sekitar 1.500 program studi Kampus Informatika dan Komputer di seluruh Indonesia dengan jumlah lulusan sekitar 60.000 hingga 80.000 alumni per tahunnya. Sebenarnya ini adalah jumlah angka yang tidak sedikit Namun pada kenyataannya tetap saja berbagai industri perusahaan selalu kesulitan dalam menyerap tenaga dibidang IT.

Lalu Kemanakah mereka? 

tentu tidak akan ada asap jika tidak ada api. ungkapan-ungkapan kekecewaan tersebut tidak serta merta muncul tanpa sebab. Banyak sekali penyebab faktor dan akibat seperi faktor internal mahasiswanya itu sendiri maupun faktor eksternalnya seperti ruang lingkup kehidupan, kurikulum, lingkungan perkuliahan, pengajar dan lain sebagainya. Demikian pembahasan artikel pada hari ini. Sampai jumpa.(Sabtu, 30/09/2017)


EmoticonEmoticon