Sunday, September 17, 2017

Membuat Server Menggunakan Komputer Pribadi


rudypratama.com - Server adalah tempat penyimpanan file-file secara online yang bisa diakses melalui internet. Contohnya adalah jika kamu ingin membuat sebuah website, tentunya kamu akan membutuhkan sebuah server. Fungsinya adalah supaya file-file kamu nantinya bisa diakses dan dibuka oleh semua orang yang ingin mengakses website kamu. Website dimasa sekarang ini bukan hal yang awam lagi bagi semua orang. Jika kamu adalah orang yang sedang tertarik untuk membuat website, saya ingin membantu kamu dalam memahami dan mengerti tentang tata cara pembuatan website dengan menggunakan komputer pribadi. 

Dalam artikel ini saya ingin mengajak kamu bersama-sama untuk bisa mempraktekkan membuat sebuah webserver yang biasa di kenal dengan sebutan HTTPD (Hypertext Transfer Protocol Deamon) atau HTTP server. HTTP server adalah sebuah service yang bekerja untuk melayani request (permintaan) dari HTTP client (web browser) ke komputer server. Tujuan dari artikel ini adalah supaya kamu bisa menggunakan webserver untuk keperluan pembuatan website, baik yang berbasis database (menggunakan mysql) atau nondatabase (berupa web statis "biasanya hanya menggunakan html saja").

Untuk menjadikan komputer kita menjadi sebuah webserver tidak perlu spesifikasi komputer yang super canggih atau cepat, tetapi ada kalanya di butuhkan guna mempepercepat aplikasi yang kita gunakan. Untuk memulai menjadikan komputer pribadi kita menjadi sebuah webserver kita bisa menggunakan software free (software gratis) berupa :

1. Appserv (AppservNetwork) 

Kamu bisa men Download di situsnya : 

2. XAMPP 

Kamu bisa men download di situsnya : 

Kedua software ini sama, fungsinya adalah untuk bisa menjadikan komputer pribadi kita menjadi Web Server yang nantinya kita gunakan untuk hosting berbasis Apache yang digunakan untuk menampilkan website di localhost. PHP ( PHP adalah bahasa pemrograman berupa script (text) yang dijalankan pada server side. Artinya semua syntax (perintah) yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasil dari pemrosesan di server ) dan MySQL (adalah database "bankdata" yang sering digunakan dalam kombinasi sistem yang menggunakan interface PHP) dapat bekerja sama dengan banyak web server. Salah satu web server yang dikenal dan sudah terbukti ketangguhannya serta konektifitasnya dengan PHP dan MySQL, adalah Apache. Anda bisa menginstall web yang berbasis CMS (Conten Managemen System) seperti Wordpress, Joomla, Drupal dll yang databasenya menggunakan Mysql. Apabila Software ini d install d computer anda, maka anda sudah bisa online menggunakan browser anda (IE, Firefox, Google Chrome, Opera dll) tetapi secara local atau Localhost. untuk memastikan programnya berjalan kamu bisa memanggilnya di browser kamu dengan menuliskan "localhost" . jika sudah benar maka di browser akan menampilkan informasi dari Fasilitas yang ada pada komputer anda mengenai software ini.

Demikian artikel pembahasan tentang cara pembuatan server sederhana dengan komputer pribadi. Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas cara instal appservernya. Semoga bermanfaat.(minggu, 17/09/2017)


EmoticonEmoticon