Sunday, September 24, 2017

Strategi Bisnis Startup


rudypratama.com - dalam proses mengembangkan suatu bisnis khususnya yang bergerak dibidang startup digital tentunya akan menjadi hal yang sedikit sulit jika ingin memasuki dan menguasai pasar. Inilah yang menjadi tolak ukur para pemain bisnis startup digital menjadikannya sebuah tantangan bagi mereka untuk terus maju menguasai pasar. Besar atau kecilnya sebuah bisnis tetap menuntut para pelakunya memiliki strategi memasuki pasar. Lalu seperti apakah konsep kerangka kerja yang harus dibuat supaya bisa menguasai pasarnya sendiri buat para pelaku bisnis startup digital??
Berikut akan saya rangkum  berdasarkan inspirasi yang saya dapatkan dari ajang pegelaran meet and greet enterpreuner from east kisaran pada tanggal 20 september 2017 kemarin.

1. Analisis Pasar

Jika kamu ingin bisnis startup digital yang sedang kamu kembangkan memasuki pasar dan memiliki pasarnya tersendiri, kamu harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Dengan kamu melakukan analisis pasar, kamu akan mendapatkan poin awal berupa trend dimana bisnis kamu harus mengikuti trend untuk menargetkan audience mana yang ingin kamu tuju nantinya. Dan yang paling penting lagi, kamu akan tau seberapa besar pertumbuhannya.

2. Perancangan

Setelah kamu sudah melakukan analisis pasar atau riset pasar, selanjutnya kamu harus memikirkan konsep perancangan produk yang ingin kamu targetkan kepada audience. Konsep smart pricing hingga packaging juga harus kamu perhatikan. Soal smart pricing startup juga bisa memainkan harga dengan sebaik mungkin untuk menarik minat para pelanggan yang ingin kamu targetkan.

3. Positioning

Positioning ini dimaksudkan kamu harus memperhatikan keunggulan produk kamu secara konsisten. Hal ini sangat sangat penting untuk melawan perang harga dari para pesaing yang ingin memasuki bisnis startup seperti kamu. Dengan cara menerapkan konsep smart idea kamu tentunya harus pandai-pandai dalam berkreatifitas. Agar slalu bisa tetap konsisten bersaing dengan para pesaing baru.

4. Perancangan Pemasaran

Selanjutnya kamu harus melakukan perencanaan perancangan pemasaran. Dalam hal perancangan pemasaran ini kamu harus pandai-pandai menyesuaikan bajet yang ada dengan berbagai tujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan konsep pemasaran yang baik serta bijak dalam melakukan perencanaan pemasaran.

5. Eksekusi

Setelah kamu sudah melakukan banyak teori diatas, sekarang saatnya kamu harus memulainya langsung dengan strategi yang sudah kamu buat sebelumnya. Memang Melakukan eksekusi sering kali menjadi kendala bagi para pelaku bisnis startup digital saat ingin mulai menerapkan strateginya langsung. Mereka tidak hanya memikirkan bagaimana bisa memasuki pasar saja, namun juga berfikir bagaimana bisa terus bertahan.
Artikel Menarik Lainnya
6. Monitoring

Yang terakhir adalah kamu harus terus memonitoring perkembangan bisnis startup yang sedang kamu kelola. ini dimaksudkan untuk menyesuaikan strategi dalam suatu perubahan yang terus terjadi dari masa ke masa. Jika para pelaku bisnis tidak melakukan monitoring ini bisa mengakibatkan bisnis kamu bangkrut dikemudian hari tergerus oleh perkembangan jaman.

Baiklah demikian pembahasan kita pada hari minggu ini, semoga dengan kamu terus belajar dan terus belajar bisa menjadikanmu pribadi yang lebih baik untuk melakukan banyak hal didalamnya. Akhirkata saya ucapkan selamat bersenang-senang. Semoga hari-harimu menyenangkan. (Minggu, 24/09/2017)


EmoticonEmoticon