Friday, October 6, 2017

Apa Itu Logika Fuzzy?? About Fuzzy Logic


rudypratama.com - logika fuzzy secara garis besar bisa diartikan sebagai samar. Dengan kata lain pengertian dari logika fuzzy adalah logika yang masih samar-samar. Logika fuzzy bisa saja bernilai 'true' dan juga 'false' secara bersamaan. Tingkat 'true' atau 'false' Dalam logika fuzzy tergantung pada bobot keanggotaan yang dimilikinya. Logika fuzzy itu sendiri memiliki nilai derajat dalam keanggotaannya antara 0 sampai 1 derajat. Sedangkan logika fuzzy digital memiliki dua keanggotaan yang berbeda dan memiliki keanggotaan 0 sampai 1 derajat pada satu waktu.

Logika fuzzy sering sekali digunakan untuk mengekpresikan suatu nilai yang diterjemahkan dalam bahasa linguistic. Misalnya untuk mengekspresikan suhu dalam suatu ruangan apakah ruangan tersebut panas,dingin ataupun hangat logika fuzzy adalah cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input dalam suatu ruang output dan memiliki nilai yang berlanjut. Kelebihan dari logika fuzzy ini ada pada kemampuan penalaran secara bahasa. Sehingga jika kamu ingin merancang sesuatu tidak memerlukan persamaan matematis yang kompleks dari objek yang ingin dikendalikan.
Artikel Menarik Lainya
Kelebihan Logika Fuzzy

1. Konsep matematis logika fuzzy sangat sederhana dan mudah dimengerti
2. Logika fuzzy memiliki kemampuan penalaran terhadap data-data yang tidak tepat.
3. Sangat fleksibel
4. Logika fuzzy memiliki dasar bahasa yang masih alami
5. Logika fuzzy dapat memahami bahasa-bahasa para pakar tanpa melalui proses latihan
6. Fungsi-fungsi non linear sangat kompleks.
7. Logika fuzzy dapat bekerja sama dengan sistem kendali maupun sensor-sensor lainnya.

Kekurangan Logika Fuzzy 

1. Model Mamdani dan Sugeno tidak sejalan. Dalam artian mereka tidak sama dan tidak saling melengkapi satu sama lain.
2. Jumlah Nilai Linguistik terkadang tidak sesuai, Kita harus merubah nilai crisp menjadi nilai linguisik. Jumlah dari nilai linguistik yang digunakan harus sesuai dengan permasalahan yang akan kita selesaikan.
3. Batas-batas Nilai Linguistik harus diperhitungkan dengan tepat sehingga akurasi fuzzy logic perhitungannya sangat tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Demikian pembahasan mengenai pengertian singkat logika fuzzy serta kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata seperti biasa saya ucapkan terima kasih.(Jumat, 06/10/2017)


EmoticonEmoticon