Monday, November 6, 2017

Robot Hewan Paling Unik

Robot Hewan Paling Unik

rudypratama.com - berbicara soal robot sebenarnya eksistensi sebuah robot sudah dimulai sebelum masehi. karena disekitar tahun 400 sampai dengan tahun 350 sebelum masehi seorang ahli matematika asal yunani yang bernama arqitas berhasil membuat robot bertenaga uap berbentuk merpati. dan arqitas sendiri dikenal sebagai bapak tehnik mesin. robot merpati yang terbuat dari material kayu tersebut kemudian digantung disebuah batang pohon. dan pada suatu detik robot burung tersebut berhasil terbang sejauh 200 meter sebelum kehabisan tenaga uapnya. pada artikel hari ini kita akan sedikit membahas mengenai robot-robot hewan paling unik yang berhasil diciptakan oleh ilmuan. dan berikut adalah robot hewan paling unik yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Air Jellies Robot Ubur Ubur

Robot Hewan Paling Unik

sebuah perusahaan teknologi asal jerman berhasil membuat robot unik berbentuk ubur-ubur. robot yang dinamakan air jellies ini selain bentuk dan sifatnya sama dengan ubur-ubur yang biasa kita jumpai dilaut, robot ini bisa melakukan gerakan yang terorganisir secara bersama-sama dalam satu kelompok dan bisa menyerang targetnya. uniknya robot ubur-ubur bukan cuma memiliki kemampuan berenang, tapi robot ini juga memiliki kemampuan terbang. robot ini memiliki bentuk inti seperti balon lengkap dengan tentakelnya agar bisa bergerak bebas diruang tiga dimensi. tubuh robot ini diisi dengan helium sehingga bisa mengambang diair. tentakel robot ini juga bisa bergerak dengan tenaga yang berasal dari motor listrik. tentakel tersebut juga berfungsi sebagai penggerak air jellies diudara sesuai prinsip teriltastik repulsi. air jellies ini juga memiliki tentakel yang berbeda dengan ubur-ubur pada umumnya. uniknya tentakel tersebut dirancang berdasarkan prinsip siretika. agar bisa bergerak, pendulum yang ada diair jellies menggeser pusat masa. festo selaku perusahaan yang mengembangkan robot ubur-ubur ini menggunakan prinsip gerakan dalam air yang diterapkan pada transportasi udara yang selama ini menjadi pusat perhatian ilmuan dunia.


2. Robot Pinguin

Robot Hewan Paling Unik

perusahaan teknologi festo dijerman ternyata bukan cuma berhasil membuat robot ubur-ubur saja. ternyata perusahaan ini juga pernah memamerkan karya mereka lainnya yaitu robot pinguin. robot yang pernah dipameran di hanovermestred  ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan binatang pinguin aslinya. sebenarnya bukan cuma bentuknya saja. prilaku dan suaranyapun sama dengan hewan aslinya. perbedaannya hanya pada daya tahan tubuh robot ini lebih kuat. kemampuan berenang yang lebih cepat dan mampu bekerja secara berkelompok. robot ini juga memiliki kemampuan terbang seperti burung pada umumnya.

3. Robot Beruang

Robot Hewan Paling Unik

diera teknologi modern seperti sekarang ini, jepang adalah negara yang paling sering dan sangat kreatif dalam menciptakan robot. baru-baru ini terbesit kabar kehadiran robot beruang imut yang mampu mengangkat manusia dewasa. dan perusahaan robot rimen asal jepang adalah pihak yang menciptakan robot model baru tersebut. robot ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan beruang asli. tapi bedanya tidak dilengkapi dengan gigi dan cakar ciri khas dari beruang. beban yang bisa diangkat robot ini bisa mencapai 235 kilogram.

4. Robot Ikan

Robot Hewan Paling Unik

ilmuan inggris beberapa waktu lalu juga berhasil mengembangkan temuan barunya yaitu robot ikan yang dilepaskan dilaut utara spanyol untuk mendeteksi poluta. jika hasil percobaan 5 robot ikan pertama yang berenang dilaut spanyol itu berhasil, maka mereka berharap robot ikan itu bisa dimanfaatkan juga disungai, danau dan laut diseluruh dunia. robot berbentuk ikan air tawar tersebut dijual dengan harga 29 ribu dolars amerika atau mencapai 38 juta rupiah per ekornya. robot ini diciptakan dengan mimik muka dan gerakan yang sama dengan ikan pada umunya. robot ikan ini juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi polutan berbahaya. contohnya seperti kapal besar yang mengangkut barang yang mengalami kebocoran atau pipa dibawah air. hasil informasi sensor kimia dari robot ikan tersebut akan ditranmisikan kembali kepermukaan menggunakan teknologi wifi.

5. Robot Burung Colibri

Robot Hewan Paling Unik

pada tahun 2012 yang lalu peneliti dari pentagon berhasil mengembangkan robot berbentuk seperti burung colibri. dan tujuan diciptakan dari robot burung itu adalah untuk kepentingan mata-mata angkatan bersenjata amerika serikat. robot ini mampu terbang maju mundur menyamping serta memutar kearah jarum jam maupun berlawanan arah. bukan hanya dibuat menyerupai burung colibri yang asli, robot ini juga mampu menyerupai terbang seperti burung colibri aslinya. ukuran robot ini kurang lebih hanya 6,5 inci atau seukuran smartphone. dan beratnya hanya 19 gram.
Artikel Menarik Lainya
demikian pembahasan kita pada hari ini mengenai robot hewan paling unik, jika kalian menyukai artikel unik ini silahkan bagikan keteman kamu ya. dan jangan lupa untuk follow akun google plus saya dibawah dan subscribe blog rudypratama.com untuk mendapatkan update artikel unik dan menarik setiap harinya. akhir kata seperti biasa saya ucapkan terima kasih. semoga bisa menambah informasi buat kita semua.(Senin, 06/11/2017)


EmoticonEmoticon