Tuesday, December 12, 2017

Mengatasi Masalah Overheating Perangkat Android

penyebab android kepanasan

rudypratama.com - Android adalah perangkat tempat kita terus melakukan banyak tugas. karena kebutuhan multi-tasking, terkadang Android bisa menjadi terlalu panas. Overclocking adalah salah satu penyebab overheating perangkat Android kamu. proses tersebut bahkan bisa merusak prosesor kamu secara permanen. untuk mengetahui dan mengatasi penyebab overheating, kamu wajib membaca artikel ini sampai habis untuk menghindari kerusakan pada perangkat android kamu.

Penyebab Overheating Dan Cara Mengatasi

1. Gunakan Charger Asli

Pernahkah kamu membaca manual book saat membeli sebuah handphone? Setiap perusahaan manufaktur handphone selalu menyebutkan jika tidak menggunakan pengisi daya asli, dapat merusak baterai ponsel kamu. Baterai adalah alasan utama mengapa ponsel kita terlalu panas. Karena itu pastikan untuk menggunakan pengisi daya asli yang disertakan diponsel kamu.

2. Mengisi Ulang Baterai dengan Benar

Untuk mengisi ulang baterai handphone, disarankan buat kamu jangan terlalu lama jika disiang hari. Isi saja sampai 70 atau 80% di siang hari dan isi penuh perangkat di malam hari.

3. Periksa Wifi

WiFi biasanya tidak membuat smartphone kamu menjadi terlalu panas. yang sering menyebabkan perangkat android kamu sering panas adalah aplikasi yang dibiarkan tetap berjalan dilatar belakang yang masih terhubung kejaringan Wifi. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua pembaruan latar belakang setiap kali ponsel kamu terhubung ke jaringan WiFi.

4. Matikan Bluetooth Dan GPS

Bluetooth dan GPS yang terus aktif akan memicu pemindahan jaringan yang tersedia di latar belakang. Jika kamu menjalankan permainan Android dengan fitur Bluetooth dan juga GPS, maka ponsel kamu akan menjadi terlalu panas. Karena itu, pastikan kamu mematikan Bluetooth & GPS jika tidak membutuhkannya.

5. Multi-Tasking

Aplikasi adalah alat yang selalu dijalankan pada ponsel kamu. sama seperti dalam hidup kamu, Mereka bisa menumpuk dan membuat perangkat android menjadi kewalahan menanganinya. Jika perangkat Android kamu semakin panas secara teratur, maka ada kemungkinan besar ponsel kamu memiliki aplikasi yang tidak dapat ditangani. untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu mencari aplikasi yang mungkin berjalan di latar belakang tanpa keinginan kamu. Jadi, lebih baik cari aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tutup semua aplikasi yang tidak perlu.

6. Streaming Video

Menonton video dan film adalah salah satu fakta lain yang mungkin menyebabkan ponsel kamu menjadi terlalu panas. Ini bisa menyebabkan kinerja CPU perangkat kamu menjadi terlalu cepat bekerja dan akhirnya membuat ponsel menjadi lebih cepat panas.

7. Game Berat

Beberapa permainan dan aplikasi menghabiskan lebih banyak daya pemrosesan daripada yang lain, dan bergantung pada kompleksitas aplikasi tersebut. Game saat ini tidak hanya membutuhkan RAM tinggi dan prosesor yang lebih baik, namun juga membutuhkan koneksi data internet. Itulah alasan utama mengapa ponsel kita terlalu panas saat bermain game.

8. Baterai Rusak

Fakta utama jika telepon kamu semakin panas, mungkin baterai kamu sudah tua atau tidak berfungsi dengan baik. kamu harus menggantinya sedini mungkin. Jika kamu menggunakannya kurang dari satu tahun, maka kamu harus melakukan penggantian baterai.

9. Istirahatkan Ponsel Kamu Sejenak

Perhatikan tubuh manusia, tubuh kita butuh istirahat setelah banyak melakukan pekerjaan. Sama halnya dengan smartphone kamu. Perlu juga sedikit waktu untuk beristirahat. Karena itu, me-restart perangkat android tidak hanya membuat perangkat Android bekerja lebih efisien, tapi juga dapat memperpanjang umur baterai.

10. Bersihkan file sampah

Kamu wajib membersihkan semua file sampah, cookies dan cache. file sampah ini dapat membahayakan CPU dan RAM kamu yang menyebabkan kepanasan. kamu bisa mengecek file sampah dan menghapusnya dari perangkat android secara berkala.

Artikel Menarik Lainya
Demikian Mengatasi Masalah Overheating Perangkat Android, informasi penyebab android overheating, penyebab android sering kepanasaran. semoga artikel diatas bisa membuat kamu lebih mengetahui lagi. jika menurut kamu artikel diatas bermanfaat, kamu bisa membagikannya keteman-teman kamu. dan jangan lupa untuk Subscribe dan Bookmark blog rudypratama.com untuk mendapatkan informasi update artikel terbaru setiap hari seputar Komputer dan Tips dan Trik Android. akhir kata saya ucapkan terima kasih.(Selasa, 12/12/2017)


EmoticonEmoticon