Friday, January 5, 2018

Apa Itu Hp Batam? Kenapa Murah? Apakah Ilegal?

penjelasan hp batam

rudypratama.com - Secara umum hp batam adalah hp yang dijual dari kota batam. namun berbeda dengan hp yang biasa dijual ditoko pada umumnya. karena hp batam rata-rata merupakan hp seken berasal dari luar negeri. awalnya dibatam hanya menjual hp seken dari negara tetangga yaitu Singapura. tapi, semakin kesini hp seken yang dijual dibatam sangat beragam dan bervariasi. bukan hanya dari singapura, namun juga dari negara lain seperti Jepang bahkan Amerika. hp seperti itu disebut hp Eks internasional. tapi gak semua hp Ex Internasional itu dari batam ya. karena ada juga ni misalnya orang indonesia bekerja diluar negeri dan membawa pulang hp yang dibelinya dari luar negeri. hp tersebut juga bisa dikatakan hp Eks internasional.

Kenapa Hp Batam Murah Apakah Ilegal?

Ilegal BM (Black Market) biasa disebut penyeludupan. yaitu barang yang dijual secara gelap atau sembunyi-sembunyi untuk menghindari pembayaran pajak dan bea cukai. nah, untuk hp batam menurut saya bukan termasuk barang ilegal ya. karena batam termasuk kawasan perdagangan bebas indonesia. yaitu sebuah kawasan perdagangan dan pelabuhan yang berada didalam wilayah indonesia yang diberlakukan kebijakan melalui penghapusan atas rezim bea dan cukai halangan non tarif serta pajak pada perdagangan internasional.

Jadi hal inilah yang membuat hp batam murah ya. karena tidak adanya bea cukai dan juga pajak. tentu, hp batam pun juga tidak termasuk barang ilegal selama barang tersebut hanya dijual dan dipakai dikota batam saja. tapi berbeda lagi dengan hp batam yang dijual kekota lain tanpa melalui pajak. hal inilah yang bisa membuat hp batam menjadi ilegal. misalnya kamu lagi liburan kebatam dan membeli hp disana 10 unit dan dibawah pulang kedaerah kamu, itu bisa disebut penyeludupan atau ilegal. karena daerah kamu bukan termasuk kawasan perdagangan bebas indonesia.

Tapi sepertinya memang tidak bisa jika membawa hp dari batam 10 unit. karena ketika kamu nantinya tiba dibandara atau dipelabuhan akan selalu dilakukan pengecekan. tiap orang tidak diperbolehkan membawa hp lebih dari 5 unit. karena jika lebih dari itu maka kamu akan jadi tersangka penyeludupan. dan akibatnya barang kamu pun akan disita dan tentu kamu akan berurusan dengan pihak berwajib. jadi hati-hati ya jika kamu mau membawa oleh-oleh dari batam.

Membeli Hp Batam Secara Online? Apakah Ilegal?

Terus, bagaimana dengan hp yang dibeli secara online dari seller batam? sedangkan daerah saya tidak termasuk kawasan perdagangan bebas indonesia? apakah ilegal? Berikut jawabannya dibawah ini.

Artikel Menarik Lainya
Setau saya, jika kita membeli online dari seller yang berada dibatam itu bukan termasuk barang yang ilegal. karena saya pernah bertanya kepada salah satu seller batam, kenapa biaya retur itu bisa dikenakan biaya ongkir sampai 200 rb? sedangkan ongkir dari sini saja hanya 30 rb. nah, jawabannya adalah karena setiap hp yang dikirim keluar dari batam, itu semua sudah dikenakan pajak. jadi yang 200 rb itu sudah termasuk ongkir dan sudah termasuk pajak. jadi, hp yang kita beli sudah membayar pajak dan tidak ilegal. Namun, jika kamu membeli hp batam langsung kekota batam, harganya bakalan lebih murah sekitar 100 sampai 300 rb saja. karena jika langsung membeli dibatam, disana tidak dikenakan pajak ataupun ongkir.

Demikian review hp batam yang terkenal murah, jika menurut kamu artikel ini bermanfaat kamu bisa membagikannya kesosial media. dan jangan lupa untuk Subscribe dan Bookmark blog rudypratama.com untuk mendapatkan update informasi artikel terbaru setiap harinya. akhir kata terima kasih semoga bermanfaat.(Jumat, 05/01/2018)


EmoticonEmoticon