Wednesday, January 31, 2018

Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Komputer dan Sistem Informasi

Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Komputer dan Sistem Informasi

rudypratama.com - Buat para lulusan SMA/SMK sederajat yang mau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan ingin memilih jurusan IT / Komputer, namun mereka belum tahu apa yang dipelajari di masing-masing jurusan, dan nantinya prospek kerja mereka apa. Untuk itu, saya akan membahas perbedaan tersebut agar kalian tidak bingung lagi dalam memilih jurusan komputer.

Apa Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika ?

Di dalam jurusan ini, kita mempelajari tentang cara membuat program sangat sederhana seperti menampilkan tulisan “Hello World” sampai membuat program yang sangat rumit. Kita diajari bagaimana membuat program dengan bahasa pemrograman seperti java, C++, atau PHP jika akan membuat website. Jika Anda memasuki jurusan ini, Anda pasti akan menguras logika.

Selain itu, ada banyak mata kuliah yang berbau matematika dengan tujuan untuk mengasah logika untuk menyelesaikan masalah. Karena seorang programmer itu harus pandai dalam hal logika. Semua aplikasi yang kita temui pasti ada kaitannya dengan programming. Aplikasi dibuat dengan menuliskan sekumpulan perintah dalam bahasa pemrograman dan perintah tersebut diuraikan menjadi urut dan sistematis. Sudah jelas kan kita di jurusan Teknik Informatika akan ngapain ? Kita akan menjadi programmer.

Apa Yang Dipelajari di Jurusan Sistem Komputer ?

Banyak orang yang bilang bahwa di jurusan ini, orang akan membuat komputer, merakit laptop, dan lain-lain. Menurut saya, hal itu salah besar. Orang Sistem Komputer ini tugasnya membuat inti atau otak dari suatu perangkat. Biasanya anak-anak ini membuat chip, prosesor, sensor pemrograman sebuah perangkat. nah, jadi jangan salah paham ya tentang jurusan ini. kalau yang membuat laptopnya ya bisa kolaborasi antara orang Teknik Elektro, Kelistrikan, bahkan sampai Fisika. Orang Sistem Komputer juga ngoding, tapi bukan seperti orang Ilkom/TI. Ngodingnya lebih ke bahasa mesin seperti biner, dan sebagainya.

Lalu, Apa Yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi ?

Untuk anda yang suka dengan komputer, tetapi tidak telalu ingin mendalami yang namanya pemrograman, tapi anda juga suka dengan bisnis, saya rasa anda cocok masuk jurusan ini. Orang Sistem Informasi ini memiliki prospek kerja sebagai penganalisis sistem dan program. Orang Sistem Informasi tugasnya menterjemahkan kemauan klien ke dalam bahasa yang dimengerti oleh orang TI.

Contohnya : Ada sebuah perusahaan ingin membuat sebuah program, maka perusahaan tersebut membutuhkan orang Sistem Informasi, dan orang SI itulah yang menyarankan klien akan menggunakan program yang seperti apa. Setelah itu, orang SI menyuruh orang TI untuk membuatkan programnya. Jadi, Sistem Informasi itu lebih ke teori dan Teknik Informatika lebih ke praktik membuat program dengan bahasa pemrograman.
Artikel Menarik Lainya
Itulah Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Komputer dan Sistem Informasi. semoga dengan adanya artikel ini, kita semua bisa mengetahui perbedaan masing-masing jurusan diatas. akhir kata terima kasih semoga bermanfaat buat kita semua.(Rabu, 31/01/2018)


EmoticonEmoticon