Wednesday, February 14, 2018

Mengenal Teknologi Sistem Cerdas

Teknologi Sistem Cerdas

rudypratama.com - Secara umum, teknologi didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Tetapi ada juga definisi lain yakni teknologi sebagai sains terapan, khususnya para ilmuan dan insinyur. Dalam penggunaan ini, pengertian teknologi mengacu pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

Sistem Cerdas atau Kecerdasan Buatan sendiri sederhananya adalah suatu cara untuk menjadikan komputer berpikir secerdas atau melampaui kecerdasan manusia. Tujuannya adalah agar komputer dapat memiliki kemampuan untuk berperilaku, berpikir, dan mengambil keputusan layaknya manusia.

Sejarah Perkembangan Sistem Cerdas


Teknologi Sistem Cerdas

Pada tahun 1941 telah ditemukan alat penyimpanan dan pemrosesan informasi. Penemuan tersebut dinamakan komputer elektronik yang dikembangkan di USA dan Jerman. Komputer pertama ini memerlukan ruangan yang luas da ruang AC yang terpisah. Saat itu komputer melibatkan konfigurasi ribuan kabel untuk menjalankan suatu program. Hal ini sangat merepotkan para programmer. Pada tahun 1949, berhasil dibuat komputer yang mampu menyimpan program sehingga membuat pekerjaan untuk memasukkan program menjadi lebih mudah. Penemuan ini menjadi dasar pengembangan program yang mengarah ke AI.

Kemudian pada tahun 1950, Norbert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback. Contoh terkenal adalah thermostat. Penemuan ini juga merupakan awal dari perkembangan AI. Pada tahun 1956, John McCarthy (yang setelah lulus dari Priceton kemudian melanjutkan ke Darthmouth College) meyakinkan Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidang automata, jaringan syaraf, dan pembelajaran intelijensia. Mereka mengerjakan proyek ini selama 2 bulan di Dartmouth. Hasilnya adalah program yang mampu berpikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran, yang dinamakan Principia Mathematica. Hal ini menjadikan McCarthy disebut sebagai father of Artificial Intelligence. Dan sampai saat ini teknologi sistem cerdas terus dikembangkan .

Penerapannya dalam Kehidupan

Teknologi Sistem Cerdas

Sebagai contoh raksasa teknologi Google menggunakan AI untuk mengambil gambar dari Street View, kemudian mengubahnya menjadi foto. Foto yang dihasilkan setara dengan foto profesional. Bedanya, foto ini tidak menggunakan sentuhan manusia.Meski begitu, diperlukan tenaga manusia untuk mengatur dan melatih pemrograman. Serangkaian informasi seperti efek cahaya dan kecerahan harus diatur terlebih dahulu.

Ahli perangkat lunak Google Machine Perception, Hui Fang dan timnya menggunakan cara lain untuk melatih AI. Dengan metode yang lebih cepat dan efisien, mereka bisa membuat AI mengidentifikasi elemen fotografi yang superior. hal ini tergolong baru dan menjanjikan. Mesin akan memindai ribuan gambar Street View. Setelah memindai, mesin itu akan meniru alur kerja seorang fotografer profesional untuk membuat satu pemandangan semakin indah dilihat. Hal ini menunjukkan bahwa AI bisa dilatih.AI tidak hanya bisa melakukan pekerjaan biner, seperti pemrograman benar atau salah. Lebih jauh lagi, AI bisa membantu pekerjaan manusia, seperti yang sudah dilakukan Google.

Manfaat Google Street View?

manfaat yang bisa didapat dengan hadirnya Google Street View, yaitu :

1. Menjadi media riset bagi para turis yang mau berlibur ke Indonesia.

2. Bisa juga berfungsi sebagai brosur digital perjalanan wisata bagi para turis.

3. Sebagai Penunjang berbagai aktivitas kita dalam mencari informasi bahkan untuk bisnis sekalipun.

4. Menghemat waktu dan memberikan gambaran informasi lebih cepat untuk suatu daerah/lokasi.

5. Sebagai penunjuk arah dan lokasi bagi para pengunjung di suatu daerah tertentu.
Artikel Menarik Lainya
Saat ini, hampir semua perangkat komputer dan perangkat elektronika canggih menerapkan kecerdasan buatan untuk membuat sistem lebih handal. Di masa yang akan datang, diperkirakan semua perangkat elektronika dan komputer menjadi jauh lebih cerdas karena telah ditanamkan berbagai metode kecerdasan buatan. Teknologi di zaman sekarang memang tidak ada habisnya, teknologi akan terus berkembang, hal ini untuk mempermudah melaksanakan berbagai macam aktifitas manusia. Namun disatu sisi yang terpenting adalah ketika manusia mampu menciptakan suatu teknologi sistem yang cerdas, manusia juga tidak boleh kalah dengan teknologi ciptaannya sendiri.(Rabu, 14/02/2018)


EmoticonEmoticon