Thursday, March 15, 2018

Sejarah Pengertian dan Kelebihan Wordpress

Sejarah Pengertian dan Kelebihan Wordpress

rudypratama.com - Di zaman di mana segalanya serba digital, sebuah website atau blog dapat dikatakan menjadi hal yang wajib bagi siapapun yang ingin memiliki karir ataupun usaha yang memiliki jaringan yang luas atau bahkan hanya untuk dapat eksis atau terkenal di dunia maya. di internet Anda bisa menemukan banyak sekali penyedia jasa layanan blog mulai dari yang terkenal sampai yang kurang terkenal. Salah satu jenis platform blog yang paling sering digunakan adalah wordpress.

WordPress memiliki dua alamat yang berbeda yaitu wordpress.org dan wordpress.com. Anda tidak perlu bingung memilih jika ingin belajar wordpress. WordPress.com adalah penyedia jasa layanan blog yang berbasis website, di mana untuk mengelola blognya pengguna tidak perlu melakukan instalasi wordpress di perangkatnya, namun hanya dengan membuka website layanan wordpress.

Sedangkan dengan wordpress.org pengguna diharuskan melakukan instalasi dan konfigurasi blog di perangkatnya, namun dengan fitur ini pengguna bisa mengunduh berkas CMS dari wordpress sehingga pengguna dapat melakukan modifikasi tampilan atau alamat server. Tapi, jika Anda ingin belajar wordpress hanya untuk latihan dan belum ingin mengeluarkan uang untuk biaya hosting, Anda bisa menginstall wordpress.org di PC Anda dengan bantuan web server.

Tapi website wordpress Anda tidak bisa diakses oleh seluruh orang di dunia karena tidak terhubung oleh internet. Jika Anda sudah siap untuk meng-online-kan website Anda, yang Anda perlukan adalah dengan menyewa hosting untuk meletakkan website Anda.

Sejarah WordPress

Jika Anda ingin belajar wordpress, mungkin Anda perlu sedikit mengetahui sejarah wordpress itu agar mengerti konsep wordpress dan tujuan dibuatnya wordpress. WordPress pertama kali dirilis pada 27 Mei 2003 oleh Matt Mullenwerg, Mike Little dan Michel Vladhrigi. Mereka bertiga awalnya adalah penulis blog di b2 (bbpress.org), sebuah perusahaan blog yang sudah berhenti beroperasi.

Popularitas worpress sangat melejit sejak pertama kali muncul sehingga pada tahun 2004 wordpress membuat update besar-besaran terhadap fiturnya pada wordpress versi 1.2 dengan membuat arsitektur plugin baru, sistem moderasi komentar dan juga post review.

Versi berikutnya yaitu 1,5 dirilis pada 2005 dimana pada tahun itu diunduh sembilan ratus ribu kali oleh para pengguna internet. Yang paling berperan dalam populernya wordpress adalah kemudahan akses dan fitur yang lengkap. Setiap platform blog pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu dalam memilih platform blog Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya itu agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan blog seperti apa yang Anda inginkan

Kelebihan WordPress

1. Gratis

Wordpres memiliki GNU General Public Lisence yang menjadikannya perangkat lunak yang bebas untuk diakses oleh setiap orang tanpa tarif layanan jasa atau gratis.

2. Simpel

WordPress memiliki proses instalasi dan pengaturan yang simpel dan mudah digunakan. Anda tidak akan kebingungan untuk mengatur berbagai fitur yang terdapat di dalamnya sehingga memudahkan Anda untuk belajar wordpress.

3. Aman

Developer worpress selalu melakukan update beberapa waktu sekali. Hal ini menjadikan wordpress sebagai platform yang cukup aman dari serangan hacker. Kasus serangan hacker di wordpress umumnya dikarenakan kelalaian pengguna yang menggunakan plugin ataupun tema yang diunduh dari website yang tidak dipercaya.

4. Fleksibel

Penggunaan wordpress dapat diterapkan dalam berbagai bidang mulai dari personal blog, bisnis, online store, kegemaran, instansi bahkan hingga ke level perusahaan

5. Multimedia

WordPress memiliki fitur dimana pengguna dapat menyimpan berbagai file multimedia mulai dari audio, video, gambar, dan lain-lain ke dalam hosting file dari wordpress. Bukan hanya itu, untuk mengorganisir file multimedia tersebut, wordpress menyediakan ftur Media Library. Hanya drag & drop, maka file Anda akan tersimpan dengan baik.

6. Dapat dikostumisasi

Jika Anda menggunakan wordpress Anda tidak usah khawatir blog Anda akan menjadi membosankan karena wordpress menyediakan ribuan tema dan plugin yang berbeda untuk membuat blog Anda lebih nyaman untuk dipandang. Untuk Anda yang biasanya memiliki selera yang spesial dan tidak sama dengan orang lain, wordpress memberikan kesempatan  untuk membuat theme dan plugin sendiri.

7. Editing HTML code

Dalam wordpress.org terdapat fitur untuk mengedit kode HTML. Penyuntingan kode html ini umunya digunakan untuk mengubah tampilan web atau blog sesuai keinginan terutama untuk detail dari tema.

8. Pengaturan jadwal posting

Jika Anda adalah tipe orang yang suka untuk membuat tulisan yang banyak secara langsung dan kemudian langsung santai, wordpress adalah pilihan yang tepat. WordPress menyediakan fitur pengaturan jadwal posting artikel anda. Anda dapat membuat artikel untuk terlihat update dengan membuat penerbitan artikel secara berkala dan otomatis.

9. Mudah memantau statistik

Dalam wordpress Anda dapat menggunakan plugin seperti jetpack untuk memantau kunjungan pengunjung pada blog Anda atau Anda juga bisa melakukan intergrasi blog dengan website untuk statistik pengunjung seperti google analytic

10. Administrasi mudah

Proses administrasi pada wordpress sangat mudah karena memiliki beragam fitur susunan paralel administrasi dengan proses yang simpel

11. Bersahabat dengan Search Engine Optimization

WordPress memiliki berbagai plugin search engine optimization yang gratis. Dengan plugin ini Anda dapat membuat blog yang dikunjungi banyak pengunjung. SEO merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah blog.

12. Komunitas yang terhubung

WordPress merupakan platform blog yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Hal ini menjadikan para pengguna layanan ini untuk saling terhubung untuk saling bertukas informasi mengenai blog dan memberikan supprt atau bahkan bekerja sama satu sama lain.

Anda tidak perlu kebingungan untuk mencari solusi jika ada permasalahan pada blog Anda, Anda hanya cukup melakukan sedikit surfing di internet dana kan menggunakan pengguna lain menceritakan solusi dari permasalahan blog yang sama dan mungkin pernah mereka alami juga. Hal ini memudahkan Anda dalam belajar wordpress.

13. Mobilitas yang tinggi

Anda tidak perlu kebingungan ketika ingin menerbitkan postingan namun tidak menemukan colokan untuk laptop Anda atau sedang berpergian dan meninggalkan personal computer di rumah. Anda hanya cukup mengunduh aplikasi wordpress mobile yang dapat diakses melalui smartphone atau tablet Anda.

14. Import data

WordPress memberikan fasilitas mentransfer data dari b2evolution, MovableType, TextPattern, Blogger dan lainnya. Fasilitas tersebut merupakan keunggulan utama dari wordpress. Seorang pemakai WordPress juga dapat membackup semua posting dengan alasan kepentingan kemudian pemakai juga dapat menguploadnya kembali.

15. Tulisan yang terorganisir

Dengan wordpress Anda dapat membuat tulisan di postingan Anda dengan kategori dan subkategori yang tidak terbatas. Postingan Anda akan terlhat lebih rapi dan menarik.

Perbandingan WordPress dengan Platform Lainnya

Setelah mengetahui kelebihan wordpress, mungkin Anda bisa menyimpulkan mengapa Anda harus memilih dan belajar wordpress untuk menjadi platform blog Anda. Berdasarkan beberapa pengalaman pengguna wordpress, inilah beberapa hal membuat meraka memilih wordpress dibanding platform blog lainnya.

Karena wordpress adalah open source, maka pengguna bisa bebas mengkostumisasi blognya namun tetap dengan CMS wordpress. Open source berbeda dengan gratis, software open source terkadang memiliki fitur yang mengharuskan pengguna untuk membayar. Namun hal ini menjadikan wordpress lebih sigap untuk memperbaiki berbagai bug. Proses pengelolaan blog yang simpel dan mudah digunakan menjadikan banyak penggunanya betah untuk menggunakan layanan wordpress.

Anda juga tidak akan merasa kesulitan dalam belajar wordpress. Setiap pemula yang sudah pernah menggunakan wordpress mengatakan bahwa wordpress mudah digunakan dan tidak lebih rumit dari penggunaan microsoft word. Plugin yang melimpah di wordpress memberikan kepuasan kepada para pengguna. Saat ini terdapat lebih dari 26.000 plugin yang tersedia untuk meningkatkan pengalaman pengguna layanan wordpress.
Artikel Menarik Lainya
Sebagai penyedia layanan blog terpopuler di dunia, wordpress memiliki komunitas pengguna yang sangat luas. Anda tidak perlu kebingungan dalam belajar wordpress, hanya tinggal mengetikkan kebingungan Anda di search engine seperti google, maka Anda akan mendapat banyak referensi mengenai blog wordpress dari berbagai pengguna lainnya. akhir kata terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua.(Kamis, 15/03/2018)


EmoticonEmoticon