Monday, March 19, 2018

Tips Aman Transaksi Online Didunia Maya

Tips Aman Transaksi Online

rudypratama.com - Teknologi digital yang semakin hari semakin maju perkembangannya menuntut kita agar selalu berhati-hati dalam berselancar didunia maya internet. dunia maya banyak sekali orang baik yang berkeliaran, begitu juga sebaliknya banyak juga orang jahat yang selalu mengintai keberadaan kita kapan saja. mereka selalu mengintai mangsa untuk mendapatkan korban selanjutnya yang akan mereka perdaya. contohnya seperti pengguna internet yang masih baru-baru saja mengenal dunia maya.

Buat yang masih awam dan baru-baru saja mengenal dunia internet, seharusnya anda lebih berhati-hati jika ingin memasuki dunia maya internet. sebab, jika anda tidak mempunyai pengetahuan dan pengalaman, akan sangat mudah diperdaya oleh orang jahat didunia maya. sama seperti anda ingin melamar pekerjaan, jika tidak mempunyai pengetahuan dan pengalaman akan sulit untuk bersaing dengan para pesaing untuk kedepannya.

Internet bukan hanya untuk mencari sarana hiburan dan informasi saja, dunia maya internet sangat luas didalamnya, memiliki beragam macam hiburan dan informasi namun juga memiliki dunia kejahatan didalamnya. ya, sama seperti dunia yang kita tinggali saat ini, memiliki beragam macam umat manusia namun ada saja kejahatan didalamnya. kalau dipikir-pikir dunia maya dan dunia nyata itu tidak ada bedanya ya, hampir sama namun beda hunian saja.

Kalau didunia nyata kita disebut warga pribumi, berbeda halnya jika kita berada didunia maya. anda akan disebut sebagai warga net ataupun netizen. seperti yang sudah saya singgung diatas kita akan membahas berbagai macam kejahatan yang ada didunia maya internet. karena sampai saat ini internet sangat banyak sekali modus kejahatan yang beragam, mulai dari kejahatan penipuan online sampai kejahatan penculikan manusia didalamnya.

Namun, pada topik pembahasan hari ini, kita akan membahas kejahatan penipuan online yang semakin hari semakin bertumbuh saja didunia maya internet ini. banyak sekali orang yang sudah pernah tertipu didunia maya internet. apakah anda salah satunya? baca artikel ini sampai habis ya.

Kasus penipuan online biasanya terjadi pada saat anda membeli barang disuatu website yang tidak terpercaya. sipenjual mengiming-imingi anda dengan barang yang dia jual dan akhirnya anda tertarik untuk membelinya. dan selanjutnya anda diminta untuk mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang yang ditawarkan sipenjual. kemudian barang tersebut tidak dikirim sipenjual dan anda pun tertipu mentah-mentah.

Namun saat ini kasus penipuan online bukan hanya terjadi pada situs website online shop yang tidak terpercaya saja, tapi juga sering banyak terjadi diberbagai media sosial besar seperti facebook yang saat ini penggunanya hampir seluruh warga bumi ada disana. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan dalam bertransaksi online, anda bisa mengikuti tips yang akan saya bagikan dibawah ini.

Tips Aman Transaksi Online Didunia Maya

1. Kunjungi Situs Terpercaya

Jika anda malas berbelanja langsung ketoko, anda bisa mengunjungi toko online terpercaya seperti Tokopedia dan Bukalapak. disana, dijamin anda akan sangat aman berbelanja sesuai keinginan yang anda mau. bebas penipuan online sebab kedua situs diatas sangat terpercaya rekomendasi dari saya.

2. Lihat Review Penjual

Setelah anda mengunjungi situs online shop diatas, nantinya akan banyak sekali penjual yang menawarkan barang-barangnya disana. nah, disinilah anda harus bijak dalam memilih penjual. lihatnya review ulasan dan bintang yang diberikan oleh orang-orang yang pernah berbelanja dilapak sipenjual tersebut. semakin banyak ulasan dan bintang yang diberikan oleh pelanggannya akan semakin baik pula peringkat dan imej sipenjual dimata pelanggan-pelanggannya.

3. Gunakan Rekening Bersama

Situs online shop Tokopedia dan Bukalapak menggunakan sistem rekber atau rekening bersama dalam transaksinya. akan dijamin aman saat anda ingin membeli barang. namun berbeda halnya jika anda ingin bertransaksi dimedia sosial seperti facebook. anda harus meminta sipenjual menggunakan rekber atau rekening bersama yang terpercaya agar dana anda aman.
Artikel Menarik Lainya
Ingat, jadilah pengguna internet yang smart untuk mencegah adanya tindak penipuan terhadap diri anda dan keluarga anda. semoga informasi ini bisa membantu kita agar lebih pintar lagi dalam menggunakan teknologi yang semakin hari semakin canggih. akhir kata terima kasih sampai jumpa.(Senin, 19/03/2018)


EmoticonEmoticon