Sunday, March 18, 2018

Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

rudypratama.com - Dunia teknologi saat ini semakin berkembang saja dan terus diperbarui keamanannya. tapi siapa sangka dengan kemajuan sistem informasi yang ada diindonesia yang terus diperbarui, ada saja celah keamanan yang bisa dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab, khususnya orang yang ngerti dibidang IT dan sejenisnya. mereka terus berlomba-lomba memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pribadinya. seperti kata mengatakan didunia ini tidak ada yang sempurna kecuali allah yang maha kuasa yang mampu menciptakan segalanya.

Seperti teknologi yang diciptakan manusia, tentu tidak ada yang sempurna melainkan memiliki banyak kelemahan walaupun terus diperbarui oleh sipembuatnya. percaya atau tidak, inilah yang sebenarnya terjadi dinegara kita indonesia yang mungkin bisa dibilang sistem keamanan informasinya masih sangat terbilang lemah. ini bukan menurut saya pribadi saja melainkan menurut pakar-pakar yang sudah ahli dibidangnya.

Baru-baru ini masyarakat indonesia khususnya didunia maya telah dihebohkan dengan video yang berdurasi tidak panjang memperlihatkan bahwa sebagian orang telah melaporkan keluhannya kebank terkait atas kasus kehilangan uang yang disimpannya dibank tersebut. beberapa orang mengatakan bahwa uang mereka telah lenyap dari tabungannya, padahal mereka tidak melakukan transaksi apapun, dan mereka hanya mendapatkan sms pemberitahuan bahwa uang yang ada ditabungannya telah raib dan berpindah kekantong orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam hal ini, pihak bank juga belum mengetahui bagaimana uang nasabahnya bisa hilang secara misterius. dan pihak bank berjanji akan menyelidiki dan menggantikan uang nasabah yang tiba-tiba hilang begitu saja. dalam kasus ini sudah jelas, bahwa sistem keamanan informasi kita masih terbilang lemah, bahkan bank yang notabene sistem keamanannya sangat kuat juga bisa dibobol oleh orang tidak bertanggung jawab.

Ini membuktikan bahwa teknologi terus berkembang, orang-orang terus mempelajari apa yang sebelumnya tidak diketahui oleh khalayak banyak dan ingin membuktikan bahwa sistem keamanan informasi diindonesia masih lemah dan benar saja terbukti. dalam kasus diatas, kita juga diwajibkan untuk terus berhati-hati dengan kejahatan cyber yang mungkin akan mengintai kita kapan saja dan dimanapun kita berada. beberapa tips dibawah akan sangat membantu anda dalam mengamankan keuangan anda disebuah bank dengan metode yang gampang diterapkan oleh anda sendiri.
berikut tipsnya dibawah ini simak sampai habis artikel ini ya.

1. Berhati-hatilah Bertransaksi Di Mesin ATM


Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

Jika anda ingin bertransaksi ataupun ingin mengambil uang di mesin atm, pastikan atm tersebut ditempat yang ramai ataupun dijaga oleh satpam bank. ini akan sangat menghindari anda dari kejahatan yang sering terjadi diatm seperti penodongan oleh penjahat dan kejahatan lainnya seperti phising dimesin atm.

2. Gunakan Dengan Bijak I-Banking


Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

Jika anda setiap harinya menggunakan internet banking untuk transaksi keuangan finansial, harap berhati-hatilah dalam bertransaksi. sebab internet saat ini bukan hanya digunakan untuk mencari informasi saja bahkan ada juga yang mempergunakannya untuk kejahatan. gunakanlah komputer ataupun smartphone pribadi untuk transaksi menggunakan internet banking. pastikan komputer dan smartphone anda jauh dari malwer dan virus berbahaya lainnya.

3. Masukan PIN dengan hati-hati


Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

Masih seputar dengan internet banking. jika anda menggunakan internet banking melalui komputer pribadi ataupun komputer kantor, sebaiknya anda menggunakan tombol keyboard pihak ketiga untuk memasukan PIN atm anda. seperti contoh saya sering menggunakan On screen Keyboard. cara menggunakannya klik tombol Start - All Programs - Accessories - Ease of Access - On-Screen Keyboard.

4. Jangan Menyebarkan Nomor Rekening


Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

Tips selanjutnya jangan memberikan nomor rekening anda ke orang yang menurut anda mencurigakan. dengan nomor rekening bisa saja orang yang mengerti dibidang IT mencuri uang anda dengan bermodalkan nomor rekening yang anda berikan kepadanya.

5. Jangan Percaya Orang Lain


Tips Mengamankan Rekening Tabungan Dari Pembobolan

Dari beberapa kasus yang beredar dilapangan, sebagian orang terperdaya dengan orang yang mengatasnamakan pihak bank yang menelpon dirinya untuk memberikan sesuatu yang tidak masuk akal dengan iming-iming hadiah.
Artikel Menarik Lainya
Nah, itulah cara dan Tips Mengamankan Uang Rekening Tabungan Dari Pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. selalu hati-hati adalah modal kita untuk menjaga privasi diri sendiri dengan baik. akhir kata terima kasih semoga bermanfaat.(Minggu, 18/03/2018)


EmoticonEmoticon