Wednesday, April 18, 2018

Cara Membuat Subdomain dari Domain Utama Situs

Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

rudypratama.com - Pernahkah anda melihat sebuah situs web berita ataupun situs web lainnya menggunakan subdomain dari domain utamanya? biasanya subdomain ini kebanyakan digunakan oleh situs web berita besar seperti contoh kompas.com. anda akan melihat dimenu navigasinya ada berbagai kategori pilihan berita. misalnya tekno, ekonomi, lifestyle dan lain-lain.

Jika anda memilih kategori berita yang anda sukai misalnya tekno, maka akan muncul halaman baru dengan url seperti ini tekno.kompas.com. nah, inilah yang dinamakan subdomain yang bisa kita buat melalui domain utama situs. dan pada artikel ini, kita akan membahas cara membuatnya jika anda ingin mempraktikan disitus web anda.

Bagaimanakah cara membuatnya?

Yang harus anda persiapkan terlebih dahulu tentu saja domain utama ya. domain yang akan kita gunakan untuk membuat subdomain adalah domain TLD. bisa menggunakan .com, .net ataupun yang lainnya. anda bisa membeli domainnya terlebih dahulu. selanjutnya kita membutuhkan hosting. anda bisa menggunakan hosting sendiri. bagi yang belum mempunyai hosting saya sarankan untuk menyewa atau membelinya.

Situs web akan menjadi lebih profesional jika memiliki subdomain dari domain utamanya. Seperti contoh saya akan membuat subdomain dari situs blog saya sendiri www.rudypratama.com untuk bahan praktiknya. langsung saja simak tutorial dibawah ini untuk mengetahui dan diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam menyetingnya.

Langkah Pertama : Masuk kepusat kontrol domain anda dan pilih menu Manage DNS atau Kelola Domain. tambahkan Record Baru. berikut daftar record baru yang harus anda isikan

Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

Name : Nama Subdomain
Type : NS
TTL : 14400
RDATA : Isikan Name Server Hosting Anda

Langkah Kedua : Selanjutnya buat nama subdomain dihosting anda, jika sudah silahkan login ke kontrol panel subdomain anda. pada menu kontrol panel, pilih Server Information untuk mengetahui alamat IP address hosting anda yang nantinya alamat IP ini akan kita tambahkan kerecord baru di pusat kontrol domain.

Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

Langkah Ketiga : Catatlah informasi alamat IP yang diberikan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

Langkah Keempat : Masuk kepusat kontrol domain anda kembali dan pilih Manage DNS dan tambahkan record baru. berikut daftar record baru yang harus anda isikan

Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

Name : Nama Subdomain
Type : A
TTL : 14400
RDATA : Isikan Alamat IP Hosting Anda

Sampai disini, anda sudah selesai membuat alamat subdomain dari domain utama. selanjutnya kita akan mulai mengisi file indexnya supaya subdomain tersebut dapat diakses. sebelumnya anda harus menyiapkan file-filenya. untuk contoh ini, saya cuma akan mengisi file indexnya saja supaya bisa diakses. selanjutnya anda cukup bereksperimen sendiri ya. berikut cara agar subdomain tersebut dapat diakses.

Langkah Pertama : Login kekontrol panel subdomain anda, selanjutnya pilih File Manager untuk mengisi file indexnya.

Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

Langkah Kedua : Pilih folder Public_Html - Upload - Selesai


Cara Membuat Subdomain dari Domain Sendiri

Anda bisa mendownload file indexnya dibawah untuk bahan pembelajaran. Berikut ini adalah demo subdomain cacatan.rudypratama.com dari domain utama rudypratama.com.

Demo | Download File Index
Artikel Menarik Lainya
Demikian artikel tutorial cara membuat subdomain dari domain utama situs, jika anda masih mengalami kesulitan untuk menyetingnya silahkan berkomentar dibawah. saya akan dengan senang hati membantu. akhir kata terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua.(Rabu, 18/04/2018)


EmoticonEmoticon