Saturday, April 7, 2018

Cara Mengatur Tata Letak Widget Wordpress


rudypratama.com - Widget adalah bagian yang menurut saya sendiri tidak dapat dipisahkan dari suatu blog, karena dengan menggunakan widget anda bisa menempatkan informasi - informasi penting seperti tautan, daftar isi, kontak atau bahkan media periklanan. namun bagi anda yang belum paham benar cara menggunakan widget di WordPress tentu akan sangat mengganggu proses pembuatan website atau blog anda bukan.

Apa Itu Widget?

Widget dalam WordPress adalah bagian kecil dari sebuah blog yang biasa juga dikenal dengan sidebar namun posisi widget ini tidak terbatas hanya di sidebar saja, dimana widget ini bisa digunakan untuk menempatkan item - item tertentu mulai dari gambar hingga kode html yang bersifat dinamis.

Widget di wordpress bisa anda temukan di halaman admin pada menu Appearance » Widget. Pada tampilan sebelah kanan merupakan tempat dimana anda bisa menempatkan widget - widget anda yang disebut Widget Areas dan semua letak dari widget tersebut biasanya sesuai dengan tema wordpress yang anda pilih. jika ternyata anda tidak dapat menjumpai beberapa widget tertentu maka hal ini wajar, karena beberapa widget biasanya terinstall bersama dengan plugin tertentu, jadi jangan bingung.

Menambahkan Widget WordPress

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menambahkan widget baru ke blog wordpress anda. cara termudah yaitu dengan cara drag and drop, yaitu dengan menyeret Widget yang tersedia dan menempatkannya di sidebar. anda juga bisa menambahkan widget dengan cara mengklik salah satu widget yang tersedia kemudian akan muncul pilihan dimana anda akan menempatkan widget tersebut misalkan sidebar maka pilih sidebar dan klik Add Widget. silahkan perhatikan gambar di bawah ini.


Anda juga bisa menambahkan widget dengan menggunakan Customizer, menariknya dengan menggunakan Customizer ini anda akan bisa melihat pratinjau secara langsung. Customizer ini bisa kamu temukan di Menu Appearance » Customize. Beberapa widget mungkin tidak langsung muncul pada preview, jadi untuk menambah widget ini sendiri saya lebih menyarankan menggunakan menu Appearance » Widget.
Artikel Menarik Lainya
Jika anda masih menemui kesulitan, silahkan langsung saja tanyakan melalui komentar, agar bisa saling berbagi pengalaman masing - masing. akhir kata selamat mencoba dan semoga berhasil.(Sabtu, 07/04/2018)


EmoticonEmoticon