Monday, April 16, 2018

Cara Pendaftaran Online Masuk Universitas Sumatera Utara (USU) 2018

Cara Pendaftaran Online Masuk Universitas Sumatera Utara (USU)

rudypratama.com - Universitas Sumatera Utara atau yang lebih kita kenal dengan nama USU merupakan salah satu univeritas negeri yang terletak di Medan (Sumatera Utara). Universitas dengan 14 fakultas ini menwarkan 47 program studi yang bisa dijadikan pilihan untuk melnjutkan pendidikan. Semakin banyak pilihan, berarti semakin spesifik penggolongannya, dan semakin mendekatkan pada tujuan akhir (cita-cita). anda bisa memilih prodi yang mendekatkan pada impais.

Jika sudah punya pilihan prodi tapi belum yakin apakah selaras dengan tujuan, anda bisa meminta pendapat orang-orang yang sudah kuliah, atau guru-guru lulusan USU atau membaca informasi lengkap tentang mata kuliah dari setiap prodi di USU. Mengapa hal ini penting? Layaknya berjalan menuju sebuah tujuan, tentu kita akan memilih jalan yang akan membawa kita ke sana. Misalkan ada persimpangan, kanan menuju pom bensin dan kiri menuju rumah makan, jika teman-teman ingin makan tentu akan memilih jalan ke kiri.

Bisa saja memilih jalan kanan jika jalan tersebut pada akhirnya juga menuju ke rumah makan (hahaha). Nah, Impian (cita-cita) biasanya hal yang sangat kita sukai dan impikan, jadi indikatornya adalah pilihlah prodi yang paling kalian sukai, bukan hanya suka nama atau karena banyak peminatnya, tapi karena paham betul bahwa prodi tsb akan mengantarkan pada cita-cita. Nahh,, Jika anda sudah memiliki prodi pilihan di USU, selanjutya bisa mendaftar melalui beberapa jalur berikut:

1. Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi yang dilakukan kepada anak-anak berprestasi akademik tinggi di sekolahnya masing-masing (baik SMA, MA, maupun SMK). Seleksi ini melalui penyaringan nilai rapor dari semester 1-5 untuk SMA dan MA, dan semester 1-7 untuk SMK, dan teman-teman bisa lulus seleksi ini jika masuk perengkingan nilai rapor dan memenuhi syarat khusus yang di berikan oleh pihak USU.

SNMPTN ini lebih dikenal dengan jalur undangan, artinya apabila kalian dinyatakan lulus maka anda bisa masuk USU tanpa tes, justru pihak USU lah yang menawarkan untuk masuk ke salah satu prodinya. Dari segi waktu pendaftaran, seleksi ini lebih awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang seleksi ini, bisa anda baca di http://snmptn.ac.id/

2. Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi yang dilakukan melalui tes tertulis secara nasional. Tes berupa butir-butir soal yag harus dikerjakan dengan tepat dan tepat. Untuk lulus seleksi ini, teman-teman harus mengerjakan soal sebanyak-banyaknya dengan benar.

Kerjakan jika positif benar dan lebih baik tinggalkan jika hanya"tebak-tebak buah manligs". Saran saya, sebaiknya kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Seleksi ini biasanya dilakukan setelah SNMPTN. Nah, untuk info selengkapnya terkait syarat, waktu pendaftaran, dan lain-lain, bisa anda baca di http://sbmptn.ac.id/

3. Jalur UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama- Perguruan Tinggi merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang diadakan sebagai bentuk kerjasama 13 univesitas (termasuk USU) melalui tes tertulis secara nusantara. Mirip seperti SBMPTN hanya saja lingkupnya lebih sempit, itu berarti peserta lebih sedikit dan kemungkinan lulus lebih besar. Waktu pendaftaran UMB-PT biasanya setelah SBMPTN, jadi bagi anda yang tidak lulus SNMPTN dan SBMPTN, tetap semangat, masih ada UMB-PT.
Info selengkapnya tentang UMB-PT bisa anda baca di http://spmb.or.id/?page_id=422

4. Jalur Bidikmisi

Bidikmisi merupakan pendanaan yang diberikan pemerintah melalui dikti kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Pembiyayaan ini berupa biaya kuliah dan biaya hidup sampai lulus tepat pada waktunya. Nah, bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan tapi tidak punya biaya, pemerintah telah memfasilitasi melalui Bidikmisi ini. Mulanya tanda mendaftar bidikmisi baru kemudian mendaftar USU baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur UMB-PT. Info selengkapnya tentang Bidikmisi ini bisa anda baca di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Program Ekstensi

Program ekstensi merupakan penerimaan mahasiswa baru yang dibuka khusus oleh USU. Program ini biasanya kita kenal dengan jalur mandiri. berbeda dengan UMB-PT, program ini hanya dibuka untuk beberapa fakultas dan prodi saja meliputi Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, sarjana Ekstensi Kimia-FMIPA, dan Ilmu Keperawatan. Sedikit informasi, program ekstensi berbeda dari jenis seleksi lainnya karena dilihat dari segi segi biaya lebih mahal. Program ini juga dibuka melalui tes tertulis berupa utir-butir soal. Untuk info selengkapnya tentang program ini bisa anda baca di http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi

Telah kita bahas cara masuk USU yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, Bidikmisi, dan Program Ekstensi. Lakukanlah yang terbaik, bukan yang bisa dilakukan, tapi terbaik lebih dari yang biasa dilakukan. Karena untuk masuk USU ada berbagai gerbang yang harus dilalui lengkap dengan tantanganya masing-masing. "Orang sukses adalah mereka yang tidak pernah lelah", tidak pernah lelah mencoba dan bangkit, ketika satu seleksi tidak berhasil dilewati, ia akan segera bergerak menuju seleksi lainnya.
Artikel Menarik Lainya
"Akhir sebuah tujuan adalah awal tujuan yang baru", setelah melalui perjuangan untuk bisa masuk USU, jangan terlena kerena masih ada peroses perkuliahan yang harus kita hadapi untuk menggapai mimpi (cita-cita). Tetaplah bertahan dengan perjuangan terbaik dari yang biasa dilakukan. Ingatlah, "Kita hari ini adalah kumpulan dari hari kemarin", maka jadikan setiap harinya sebagai perjuangan, konsisten berjuang hingga akhirnya kesusesan menjadi pelayan dalam kehidupan kita. Selamat berjuang! Semoga sukses.(Senin, 16/04/2018)


EmoticonEmoticon