Friday, April 6, 2018

Pengertian, Sejarah Desain Grafis dan Animasi

Pengertian, Sejarah Desain Grafis

rudypratama.com - Dizaman dengan teknologi yang sudah sangat canggih seperti ini, Industri game, perusahaan advertising, event organizer, dan perusahaan-perusahaan lain yang memiliki kualitas baik dalam hal grafis serta animasinya banyak sekali kita temui. Apalagi di Indonesia kualitas grafis dan animasinya mengalami peningkatan, khususnya dibagian animasi anak. Lalu apakah pengertian desain grafis dan animasi sendiri? Kata desain sendiri berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang.

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Graphic atau Grafis dalam Bahasa Indonesia, berasal dari Bahasa Yunani Graphein yang berarti menulis atau menggambar. Berikut ini adalah pengertian Desain Grafis menurut beberapa ahli, antara lain :

1. Menurut Atisah Sipahelu. 1991: Desain grafis dapat diartikan sebagai sebuah proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam bentuk gambar.

2. Menurut Hendi Henratman S.T. 2006:3 . Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar. Dalam Bahasa inggris Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak.

Kata animasi sendiri berasal dari kata animation , berawal dari kata dasar to anime, di dalam kamus Indonesia Inggris memiliki arti yaitu menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati,yang diberikan dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup. Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbetween dengan jumlah yang banyak, apabila di proyeksikan akan terlihat seolah – olah gambar tersebut hidup ( bergerak ), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar pada umumnya.

SEJARAH

Sehubung dengan industri hiburan salah satunya yaitu animasi. Banyak sekali digemari oleh semua  kalangan mulai dari kalangan anak-anak sekaligus orang dewasa pun juga ada, terutama animasi lebih banyak digemari oleh anak-anak, contohnya film animasi yang banyak digemari oleh anak anak yaitu “crayon shinchan “ ,”Doraemon”  meskipun dari tokoh utamanya memberikan kesan yang tidak baik untuk ditonton karna mengandung nilai yang tidak positif, contohnya saja ditokoh tersebut mempunyai sifat yang pemalas. Tetapi tetap saja pengawasan dari orangtuapun kurang memperhatikan anak-anaknya sehingga masih banyak anak-anak yang masih menonton kartun tersebut.

Dalam perkembangan film animasi menjadikan Negara jepang dan amerika saling bersaing, untuk pembuatan film animasi yang dibuat oleh amerika lebih mengunggulkan teknologi canggihnya, sedangkan dari Negara jepang sebutan nama animasinya lebih familiar dengan sebutan anime, animasinya lebih mengunggulkan jalan cerita yang menarik dan gaya yang berkarakter. Berbeda dengan film animasi diindonesia yaitu salah satu film animasinya yang berjudul “Si Doel memilih “ judul animasi tersebut karya dari hendronoto. Animasi tersebut menceritakan tentang kampanye pemilihan umum, dari situlah dimulainya animasi modern di negeri ini, Walaupun sebenarnya Indonesia sudah memperkembangkan film animasinya sejak tahun 1995

Pada awal tahun 1970 warga amerika mendirikan studio animasi dijakarta nama studionya yaitu anima indah, anima tersebut berkembang hanya dibidang periklanan. Untuk membuat film animasinya menggunakan kamera seluloid 8mm sehingga disaat itu menjadikan maraknya festival film. ada beberapa film animasinya yaitu Batu Setahun, Trondolo, Timun Mas yang disutradai Suryadi alias Pak Raden yang merupakan animator Indonesia pertama.

Di tahun 1980 animasi diindonesia mulai meningkat banyak film animasi yang sudah banyak disutradarai yaitu film animasi yang berjudul “Rimba si Anak Angkasa” yang disutradarai oleh Wagiono Sunarto. Kemudian animasi “Si Huma” adalah animasi untuk serial TV dan juga Animasi Petra. Kemudian di tahun 1990an juga banyak film animasi dari Indonesia diantaranya lagenda Buriswara , Nariswandi Piliang, Satria Nusantara animasi tersebut menggunakan kamera film seluloid 35mm.  Kemudian juga ada film animasi dari Serial Hela, Heli, Helo animasi tersebut merupakan animasi 3D yang pertama dibuat di Surabaya, seiring dengan berkembangnya animasi diindonesia tahun 1998 juga terdapat animasi yang menceritakan tentang cerita rakyat yaitu “Bawang Merah dan Bawang Putih”, “Timun Mas” dan juga “Petualangan si Kancil”.
Artikel Menarik Lainya
Ditahun 2000an terdapat studio animasi di Indonesia yang paling produktif yaitu Red Rocket, studio animasi tersebut membuat animasinya menggabungkan 2D animasi dengan 3D animasi sehingga pada waktu itu animasi tersebut sangat popular. Studio animasi tersebut memproduksi beberapa serial animasi TV yaitu ada “Dongeng Aku dan Kau”, ” Klilip dan Puteri Rembulan” , “Mengapa Domba Bertanduk dan Berbuntut Pendek”, “Si Kurus dan Si Macan”.(Jumat, 06/04/2018)

Sumber : wikipedia


EmoticonEmoticon