Thursday, April 5, 2018

Software Desain Grafis dan Animasi Terbaik

Software Desain Grafis dan Animasi terbaik

rudypratama.com - Ada banyak sekali software desain grafis dan animasi yang bisa kalian gunakan untuk mulai belajar  dari yang terpopuler dan bahkan sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. kebanyakan adalah produk-produk keluaran dari perusahaan Adobe dan untuk animasi adalah 3D MAX.  Berikut ini adalah daftar 7 software Desain Grafis dan Animasi terbaik yang paling banyak digunakan :

1. Blender

Blender merupakan software komputer grafis 3D open-source yang dapat digunakan secara gratis. Blender dapat digunakan untuk keperluan modeling, texturing, rigging, animasi, rendering hingga pembuatan visual effects atau simulasi. Cocok digunakan untuk individu maupun studio kecil untuk memproduksi ‘sesuatu’ dan mendapatkan keuntungan.

2. Autodesk 3DS Max

3DS Max merupakan software 3D besutan Autodesk yang dapat digunakan untuk membuat animasi, gambar, dan game 3D. 3DS Max hanya berjalan pada sistem operasi Windows.

3. Cinema 4D

Cinema 4D merupakan software yang dapat digunakan untuk membuat animasi, motion graphics, dan juga melakukan rendering. Cinema 4D memiliki kemampuan dasar seperti software 3D pada umumnya seperti modeling, texturing, rigging, animasi, dan rendering. Cinema 4D banyak digunakan dalam pembuatan proyek motion graphics bersama dengan After Effects dan kedua software tersebut dapat bekerja sama dengan baik.

4. Autodesk Maya

software milik Autodesk yang bisa digunakan untuk membuat sebuah video game, film animasi, serial TV, dan visual effects. Sekilas software ini memang mirip dengan 3DS Max, kedua software ini sama-sama dapat digunakan untuk keperluan modeling, texturing, rigging, animasi, dan rendering. Sedikit, yang menjadi pembeda kedua software tersebut diantaranya: Maya dapat berjalan di berbagai OS (windows, mac, linux), serta  Maya lebih banyak digunakan di industri film/animasi.

5. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan "adik" dari softwareAdobe Photoshop yang merupakan aplikasi editor gambar. Adobe Illustrator adalah aplikasi desain grafis berbasis vector serupa Corel Draw, sementara Adobe Photoshop adalah software editor gambar. Hampir sama dengan Corel Draw, Adobe Illustrator tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

6. Corel Draw

Sudah lama rasanya Corel Draw dikenal sebagai aplikasi desain grafis terbaik berbasis vector. Corel Draw memiliki interface sangat baik, multi fungsi dengan tools lengkap dan mudah digunakan,sehingga mudah digunakan untuk seorang pemula. Kapasitas file hasil desain bisa ditekan namun kualitasnya masih sangat baik. Sayangnya tools tersebut hanya bisa digunakan pada versi berbayar.

7. Google SketchUp

Google SketchUp ini merupakan alah satu aplikasi dari  desain grafis 3D yang paling sering digunakan, khususnya untuk para desainer dan arsitektur yang biasanya berkutat dengan bangunan, rumah dan tata ruang.
Artikel Menarik Lainya
Software yang sudah disebutkan diatas tadi bisa membantu kita di berbagai keperluan seperti, pembuatan animasi, games, gambar, dan motion graphics. Tapi untuk kemudahan dalam pemakaian tools nya,itu tergantung kepada kalian para pemakai apakah sebelumnya sudah memiliki dasar-dasar desain grafis & animasi atau belum. Karena memahami dan mengerti dasar dari desain grafis dan animasi memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk hasil yang maksimal.(Kamis, 05/04/2018)


EmoticonEmoticon