Wednesday, June 6, 2018

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Dengan CMS (Content Management System)

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Dengan CMS

rudypratama.com - Website bisa diibaratkan sebagai rumah kedua yang dibangun bukan ditanah bumi melainkan dibangun diatas awan dunia internet. sesuai judul yang ingin kita bahas hari ini, saya akan menjelaskan rahasia secara detail dan lengkap bagaimana cara membuat website sampai selesai bagi pemula dengan bahasa yang sangat sederhana agar bisa dipahami oleh pemula yang masih awam. disini saya tidak jualan website ataupun membuka jasa pembuatan website. kalau tidak percaya baca aja artikel ini sampai selesai. tapi saya sarankan anda wajib menyediakan sesajen ya seperti kopi, cemilan, supaya tidak bosen mengikuti panduan lengkap yang akan sangat panjang dibawah ini.

Panduan lengkap cara membuat website sampai jadi ini, dikhususkan untuk para pemula dan tidak bermaksud menggurui atau mengajari, saya hanya ingin berbagi pengetahuan saja untuk kita semua yang masih sama-sama belajar. jika didalam artikel ini ada salah dalam penjelasannya, mari bantu saya mengoreksinya dikolom komentar dibawah ya. panduan lengkap ini sangat detail, jadi buat anda yang masih baru mengenal website akan sangat mudah dipahami. dijamin jika anda membaca artikel ini sampai habis anda akan mempunyai website dalam satu hari tanpa harus membayar orang lain untuk membuatnya.

Apa Itu CMS (Content Management System)

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu menurut pengetahuan pribadi apa itu CMS. CMS adalah singkatan dari content management system yang dapat membantu anda dalam pembuatan website langsung jadi. artinya anda tidak perlu mempunyai skil pemrograman yang tinggi untuk membuat sebuah website. cukup dengan menggunakan CMS, website anda akan segera terlahir dengan cepat.

Banyak perusahaan besar saat ini menggunakan CMS dalam pembuatan websitenya karena pemanfaatannya yang sangat mudah dan bisa dimodifikasi sesuai kemauan dan selera kita masing-masing. saat ini CMS populer yang paling banyak digunakan oleh web developer dalam pembuatan website adalah CMS Wordpress diposisi pertama, kemudian disusul dengan joomla dan drupal diposisi kedua dan ketiga.

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Dengan Mudah akan kita bahas dengan 4 Materi diantaranya :

Materi 1 (Pilihan platform)
Materi 2 (Alamat dan jalan menuju rumah)
Materi 3 (Proses instalasi website)
Materi 4 (Modifikasi Tampilan Website)

Materi 1 : Penjelasan Pilihan Platform

Apa itu platform? sebenarnya untuk membuat sebuah website ada banyak pilihan platform yang tersedia. namun disini saya akan mengelompokkannya menjadi 2 bagian supaya mudah untuk dimengerti diantaranya :
  • Membuat website dari awal 
  • Menggunakan aplikasi yang sudah ada
Untuk membuat website dari awal, artinya anda harus membangunnya dari awal atau dari NOL. tentu yang harus anda pelajari adalah anda harus memahami semua bahasa pemrograman baik itu HTML, CSS, JAVASCRIPT, PHP dan Database MYSQL. untuk cara ini sangat tidak saya rekomendasikan buat pemula seperti saya dan anda. karena cara ini cocok untuk mereka yang benar-benar sudah profesional dibidangnya.

Nah untuk membuat website menggunakan aplikasi yang sudah ada disini adalah dengan menggunakan CMS (Content Management System). seperti yang sudah saya jelaskan diatas, membuat website dengan aplikasi yang sudah ada akan sangat membantu pekerjaan kita semakin mudah dan cepat. CMS yang akan kita gunakan nanti adalah CMS wordpress. CMS ini sangat populer dan disukai karena gratis open source. 

Terlebih lagi membangun website dengan CMS Wordpress sangat cocok buat kita para pemula yang ingin membangun website dengan skala besar maupun kecil-kecilan wordpress bisa menjadi solusi anda. yang tak kalah kerennya lagi, wordpress banyak menyediakan berbagai tema gratis dan premium untuk anda gunakan. dengan tampilan template yang responsive menyesuaikan saat dibuka melalui handphone dan tablet menjadikan wordpress pilihan terbaik.

Materi 2 : Penjelasan Alamat dan jalan menuju rumah

Yang saya maksud dengan materi kedua ini bukanlah alamat jalan anda menuju rumah. masih bingung ya? daripada bingung-bingung, yang saya maksud disini adalah alamat sebagai Domain Anda, kemudian jalan menuju rumah adalah Hosting Anda sebagai rumah untuk menyimpan barang atau file-file webiste anda nantinya. Nah supaya website anda bisa diakses dimana-mana bahkan diseluruh dunia cukup dengan 2 hal dibawah ini :
  • Domain (Anda perlu nama domain untuk mengakses website, sebagai contoh domain anda www.domainku.com)
  • Hosting (Untuk menempatkan file-file website, agar website anda nantinya dapat diakses oleh semua orang diseluruh dunia)
Wordpress sejatinya memang platform gratis, tapi untuk nama domain dan hosting anda wajib membelinya terlebih dahulu. harga domain dan hosting sangat relatif. untuk saat ini domain dengan ekstensi .com harganya berkisar antara 100 rb an pertahun. untuk harga hosting paling murah saat ini berkisar antara 20 sampai 50 ribuan perbulan.

Kenapa saya merekomendasikan domain .com sebagai nama domain anda? selain terlihat profesional domain .com juga lebih dikenal umum. website anda nantinya akan lebih mudah diingat. daripada numpang domain gratisan seperti domainku.blogspot.com, sangat tidak saya rekomendasikan karena terlalu panjang dan tidak profesional.

Dimana Beli Domain dan Hosting?

Sebagai rekomendasi, anda bisa membeli layanan domain dan hosting terpercaya dari negara kita sendiri indonesia melalui rumaweb.com, niagahoster.co.id, dan exabytes.com. kalau sudah membeli domain dan hosting, nantinya anda juga mempunyai alamat email sendiri seperti contoh anda@domainanda.com otomatis lebih profesional daripada menggunakan gmail.

Materi 3 : Proses instalasi dan modifikasi website sampai jadi

Jika anda sudah melakukan pembelian domain dan hosting, langkah terakhir untuk membuat website anda adalah menginstal CMS Wordpress dihosting anda. pada dasarnya untuk menginstal CMS Wordpress dihosting caranya sama walaupun anda membeli hosting ditempat lain. berikut ini cara instal wordpress dihosting :

1. Masuk ke hosting anda
2. Masuk ke control panel (Cpanel)
3. Klik Softaculous Apps Installer kemudian klik Wordpress.

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Dengan CMS

4. Klik Instal

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Dengan CMS

5. Akan muncul form untuk instalasi, saran saya HAPUS KATA WP jika ada di kolom In Directory

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Dengan CMS

7. Kemudian scrool kebawah dan klik Instal, proses instalasi akan jalan dengan sendirinya.

Materi 4 : Modifikasi Tampilan Website

1. Masuk ke website wordpress dashboard

Caranya ketikan alamat website anda seperti contoh http://www.webanda.com/wp-admin ganti “webanda.com” dengan nama domain anda. setelah itu anda akan melihat tampilan dashboard wordpress.

2. Cari Template/Tema

Di menu kiri klik Appearance kemudian klik Add New maka anda akan melihat banyaknya template website yang bisa dipakai. anda juga bisa beli template atau bayar orang untuk membuat template website anda. tapi saran saya lebih baik anda cari saja template yang tersedia secara gratis, terus cari sampai dapat sesuai selera. 
Artikel Menarik Lainya
Template bisa dicari sesuai dengan kata kunci template misalnya template “Teknologi” atau apapun. Kalau sudah dapat template nya langsung klik tombol install saja. WordPress akan melakukan proses download jika sudah selesai template harus di aktivasi dan klik Activate untuk mengaktifkan template baru. sampai disini website anda sudah berganti template dan coba dilihat hasilnya gimana. kini website anda sudah berhasil dibuat dan sudah siap online 24 jam. akhir kata terima kasih.(Rabu, 06/06/2018)


EmoticonEmoticon